Jumat, 10 Mei 2013

Perkembangan ekonomi didesa Tajuk, Kecamatan Getasan, dengan didirikannya Kelompok Tani “Ngudi Sari” Tahun 1994-2013





Sejarah ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang cara fenomena okonomi berubah dilihat dari sudut pandang historisnya. Analisis dalam sejarah ekonomi dilakukan menggunakan gabungan metode sejarah, metode statistik dan teori ekonomi terapan sampai peristiwa bersejarah. Topik ini meliputi sejarah bisnis, sejarah keuangan dan mencakup bidang sejarah sosial seperti sejarah kependudukan dan sejarah buruh. Sejarah ekonomi kuantitatif (ekonometrik) juga disebut sebagai kliometrik.[1]
 
 
Dengan dasar teori diatas, penulis sengaja memilih judul yang bertopik sejarah perekonomian karena ketertarikan penulis terhadap runtun peristiwa yang dirasa terdapat banyak hal unik dalam system yang ada dalam pengelolaan industry susu didesa tersebut selama beberapa tahun yang disebutkan pada judul skripsi ini. Ada juga alasan penulis memilih judul ini karena, ketertarikan penulis terhadap mata kuliah sejarah perekonomian yang diampu oleh Ibu Emmy wuryani, dan dilain itu juga dirasa menurut data yang diketahui oleh penulis selama proses study, penulis belum ada yang melakukan penulisan skripsi bertopik sejarah murni yang bertemakan sejarah perekonomian / perkembangan ekonomi suatu wilayah tertentu dengan kurun waktunya.
Disisi lain penulis memilih desa yang yang diangkat sebagai subjek dalam penulisan ini, yang mana sebenarnya juga banyak desa-desa yang perkembangan ekonominya hamper serupa dengan desa subjek diatas karena penulis merupakan warga disitu, walaupu penulis sudah tidak menetap disitu namun penulis merasa desa tersebut merupakan desa kampong halamannya, yang mana desa tersebut masih minim dalam arti bertaraf rendah dalam kehidupan sosialnya, pendidikan, dan ekonomi. Sedikit penulis mendapatkan data bahwa didesa trsebut baru hanya terdapat 3 orang yang bergelar sarjana dari perguruan tinggi ilam, dan penulis menilai ketiga orang tersebut tidak terlalu memperhatikan keadaan social masyarakat disekitarnya, sehingga tertentu pengoorganisasian pertanian dan industry susu, belum bisa mendapatkan pendataan keuangan yang jelas. Karena ke3 orang sarjana didesa tersebut lebih condong untuk mementingkan keagamaan di desa tersebut. Dan tidak banyak mau berkecimpung dalam hal-hal lainnya.
Maka dari sinilah penulis berkeinginan untuk membantu atau setidaknya penulis ingin mendokumentasikan status keadaan organisasi yang ada didesa tersebut dari kurun waktu yang telah ditentukan dalam pembatasan masalah(waktu). Sehingga dengan terciptanya tulisan ini nantinya diharapkan dapat digunakan sebagai bahan bacaan yang bisa membantu para anggota kelompok susu didesa tersebut dan semua masyarakat lainnya juga. Dan juga semoga tulisan ini bisa digunakan untuk dokumentasi desa.





[1] Robert Whaples, "Cliometrics" in Steven Durlauf and Lawrence Blume, eds. The New Palgrave Dictionary of Economics (2nd ed. 2008)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar